SMPN Cibatu Terapkan Program Siraman Rohani

Pewarta : Agus Lukman
Koran Sinar Pagi, Garut

Kepsek SMPN Cibatu, Dedi
Kepsek SMPN Cibatu, H.Dedi Sutardi

Untuk meningkatkan pendidikan dan budi pekerti dalam rangka menata ahlak murid supaya berprilaku positif, Sekolah Menengah Pertama Negeri Cibatu melakukan gagasan dan inovasi lewat program siraman rohani dengan pendalaman keagamaan seperti shalat dhuha, membaca ayat suci al’quran dan tausiah.

Pelaksanaan siraman rohani dilakukan oleh siswa – siswi kelas 8 dan 9 satu minggu sekali, di mesjid SMPN Cibatu, akibat tingginya antusime siswa mengikuti program tersebut, hingga harus menggunakan halaman olah raga untuk menampungnya.

Kepala Sekolah SMPN Cibatu, H.Dedi Sutardi, S.Pd.,M.Pd mengungkapkan, kegiatan tersebut tiada lain untuk seluruh siswa-siswinya agar terbiasa dan bisa membaca al’quran,”kami terapkan kegiatan siraman rohani untuk para siswa, tiada lain agar siswa terbiasa dan bisa membaca al-qur’an tak hanya di sekolah, namun di rumah pun akan menjadi kebiasaan,” ucapnya saat ditemui di ruang kerjanya pada Koran Sinar Pagi.

Dia menjelaskan, siraman rohani yang dilakukan dua kali seminggu tersebut di awali dengan sholat sunat Dhuha kemudian dilanjutkan dengan membaca al-qur’an dan terakhir tausiyah oleh para pengajar Pendidikan Agama Islam(PAI).

Dia menandaskan, tahun depan kegiatan siraman rohani akan diterapkan setiap hari disekolahnya, seperti yang telah dilaksanakan di SMPN Sukaweuning, saat dirinya menjabat di sekolah tersebut,”Tahun depan program yang kini baru dilaksanakan Rabu dan Sabtu, akan dilaksanakan setiap hari, sesuai visi dan misi pendidikan nasional yang telah dirumuskan dan dituangkan dalam penjelasan Undang-undang No.20 tahun 2003 tentang pendidikan nasional yakni terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah,” paparnya.

Dengan visi pendidikan nasional tersebut jelas H. Dedi, maka pendidikan nasional memiliki misi yaitu mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu bagi seluruh rakyat Indonesia, membantu dan memfasilitasi pengembangan potensi anak bangsa secara utuh sejak usia dini sampai akhir hayat dalam rangka mewujudkan masyarakat belajar, meningkatkan kesiapan masukan dan kualitas proses pendidikan untuk mengoptimalkan pembentukan kepribadian yang bermoral.

(54)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *