self identity and consciuness essay paper editing services essay originality check how to find the thesis of a book topic for compare and contrast essay

Pemkot Sukabumi Raih WTN Paripurna 2016

Pewarta : Avenk
Koran SINAR PAGI, Sukabumi

Walikota Sukabumi, H.M.Muraz
Walikota Sukabumi, H.M.Muraz

Pemerintah Kota Sukabumi, Jawa Barat, berhasil meraih penghargaan bergengsi Wahana Tata Nugraha (WTN) Paripurna tahun 2016 dari Pemerintah Republik Indonesia, yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla kepada Walikota Sukabumi, H.M. Muraz, di Istana Wakil Presiden, Selasa (31/01).

Bagi Kota Sukabumi, penghargaan WTN Paripurna ini merupakan yang pertama, sebelumnya, Kota Sukabumi sudah lima belas kali meraih WTN dengan kategori lalu lintas dan angkutan umum,“Ini yang pertama Pemkot Sukabumi menerima penghargaan WTN Paripurna,” ungkap Walikota Sukabumi, M. Muraz.

Menurut Muraz, pencapaian Kota Sukabumi dalam WTN Paripurna ini tidak lepas dari berbagai program dan inovasi yang dilakukan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi,“Berbagai inovasi yang dilakukan, terbukti mampu mengubah ‘wajah lalu lintas’ di Kota Sukabumi menjadi lebih bagus,” papar Muraz.

Ia menyebutkan, “Ada beberapa indikator untuk meraih yang terbaik, yang utama adalah perencanaan, kemudian anggaran dan kerjasama yang baik antar stakeholder, khususnya yang tergabung dalam forum lalu lintas,” papar Walikota.

Menurut Ia, prestasi membanggakan ini harus dipertahankan jajaran Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, sehingga kelak Kota Sukabumi bisa memperoleh WTN Kencana. Pengembangan inovasi sebut Muraz, mutlak dilakukan guna mempertahankan WTN Paripurna ini, “Harus memiliki inovasi, khususnya pelayanan dan kenyamanan yang lebih baik ke masyarakat pengguna lalu lintas maupun pejalan kaki, pelayanan itu bukan hanya infrastruktur, tapi inovasi angkutan pun harus dilakukan,” papar dia.

Lebih lanjut Muraz mengemukakan, raihan WTN ini melalui penilaian dan proses berjenjang dengan melibatkan banyak pihak,” jelas Muraz. Diraihnya penghargaan WTN Paripurna ini, merupakan keberhasilan semua warga Kota Sukabumi yang sadar akan ketertiban lalu lintas,“Ini harus menjadi motivasi bagi segenap lapisan masyarakat untuk lebih tertib berlalulintas,” harap Muraz.

Dalam kesempatan itu Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi, Abdulrahman kepada wartawan menjelaskan, WTN Paripurna ini merupakan penghargaan bagi pemerintah daerah yang berhasil mengelola seluruh aspek lalu lintas.

Abdurrachman menerangkan, inovasi di bidang lalu lintas yang telah dilakukan diantaranya ATCS-ITS. Hingga akhir tahun 2016, sudah terdapat 1 titik ITS. Direncanakan pada tahun 2017 akan ditambahkan 45 titik CCTV yang merupakan bantuan CSR dari Bali Tower. “Saat ini kamera CCTV terdapat 23 titik. ITS. Sedangkan untuk Kamera CCTV, hingga akhir tahun 2016 sudah terdapat titik 23 Kamera CCTV,” katanya.

Dengan diraihnya WTN Paripurna ini, semakin membuka lebar kesempatan Kota Sukabumi untuk mendapatkan berbagai fasilitas dari Kementerian Perhubungan, salah satu yang telah diterima Pemkot Sukabumi adalah pembangunan terminal tipe A,”Kedepan dengan diraihnya penghargaan ini akan lebih mudah mendapat bantuan,” imbuh Abdulrahman.

Penghargaan Wahana Tata Nugraha adalah penghargaan yang diberikan Pemerintah RI dalam hal ini Kementerian Perhubungan kepada kota-kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik yang diberikan setiap tahun. Peranan menata lalu lintas di Kota Mochi itu, tak lepas dari peran Kepolisian, khususnya kepolisian Resort Kota Sukabumi.

(40)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *